Cerita Gunung Bernyanyi di China

 

Terletak di Jalur Sutra, Gunung Pasir Echoing dikenal sebagai satu dari delapan lanskap terindah di Dunhuang dan satu dari empat destinasi “pasir bernyanyi” di China.

Gunung yang membentang sepanjang 40 km dengan lembar 20 km ini memiliki titik tertinggi mencapai 250 meter. Ketika angin bertiup kencang, gunung pasir itu akan terdengar seperti bernyanyi. Sebagaimana dilansir visitourchina.com, suara nyaring dari pasir itu bahkan terdengar seperti petikan alat musik kuno China.

Gambar Cerita Gunung Bernyanyi di China pasir gunung china bernyanyi  china 007 destriyana2

Photo by visitourchina.com

Konon menurut cerita warga setempat, “nyanyian pasir” itu berasal dari perang yang terjadi antara dua pasukan. Namun siapa sangka, ketika sedang berperang, datang badai pasir luar biasa yang kemudian mengubur para tentara dan kuda-kuda mereka hidup-hidup.

Tetapi, kebanyakan orang tentu lebih percaya pada penjelasan ilmiah yang mengatakan suara itu terbentuk oleh aliran listrik statis, resonansi, atau gesekan antar pasir.

Danau bulan sabit

Selain menikmati kemerduan suara pasir Echoing, wisatawan juga disungguhkan keindahan danau berbentuk bulan sabit, Yueyaquan.

Danau Yueyaquan terletak 6 km di selatan Dunhuang, Provinsi Gansu, China. Menurut pengukuran yang dilakukan pada tahun 1960, kedalaman rata-rata danau adalah 4 sampai 5 meter, dengan kedalaman maksimum 7,5 meter. Sayangnya, kedalaman danau yang diberi nama Yueyaquan pada masa Dinasti Qing ini dalam 40 tahun berikutnya (memasuki tahun 2000) terus menurun.

Gambar Cerita Gunung Bernyanyi di China pasir gunung china bernyanyi  china 008 destriyana2

Photo by visitourchina.com

Untuk itu, pada tahun 2006, pemerintah daerah dengan bantuan dari pemerintah pusat mulai mengisi danau dan mengembalikan kedalamannya.